Monday, January 24, 2011

Keutamaan Wanita Shalehah

Dalam firman Allah SWT :


“Sebab itu maka wanita yang shaleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka (Q.S. An Nisa : 34)

Maksudnya : tidak berlaku curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya.
Maksudnya : Allah telah mewajibkan kepada suami untuk mempergauli istrinya dengan baik.

Kecendrungan memilih calon istri berdasarkan kecantikan semata lumrah terjadi di zaman sekarang ini. Sementara keimanan dan ketakwaan seorang wanita diabaikan begitu saja. Malah tidak masuk kriteria sama sekali, hal ini juga kadang didukung oleh para orangtua. Para orangtua sangat bangga bila menantunya mempunyai wajah yang cantik juga tubuh yang menarik.

Padahal wanita salehah lebih mempunyai kecantikan yang luar biasa. Kecantikan itu bisa keluar melalui tutur katanya yang santun, tingkah lakunya yang sopan, sifatnya yang lemah lembut, menurut dengan suami dan masih banyak lagi kecantikan yang tersimpan di dalam wanita shalehah.

Kecantikan wajah bisa luntur seiring dengan bertambahnya usia, sedangkan kecantikan wanita salehah tidak akan pernah luntur walau usia semakin bertambah.

Rasulullah SAW pernah bersabda,
Dikatakan Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wanita itu dinikahi karena empat perkara, yaitu : hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Maka pilihlah wanita karena agamanya, niscaya engkau akan berbahagia. (HR. Khamsah).

Dalam sabdanya yang lain ,
Diceritakan ‘Amru Ibnu Ash, Rasulullah SAW bersabda, “Dunia itu harta benda dan sebaik-baik harta benda dunia adalah perempuan yang shalehah.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW, bersabda, “Barangsiapa menikahi seorang perempuan karena harta dan wajahnya yang manis, niscaya Allah akan melenyapkan harta dan kecantikannya, dan barangsiapa yang menikahi karena agamanya, niscaya Allah akan memberi karunia kepadanya dengan harta dan kecantikannya,”( HR. Al Hadits)

No comments: