Tuesday, August 24, 2010

rahasia dibalik TANDA TANGAN anda..

BANYAK cara untuk `membaca’ karakter seseorang.

Menurut pakar psikologi dan grafologi (pakar anilisis tulisan), tanda tangan mempunyai berbagai makna. Seperti menggambarkan sifat dan nilai tertentu, tanda tangan juga mampu menggambarkan ego dan perjalanan hidup seseorang.

Tanda tangan yang terputus-putus membawa arti perjalanan hidup pemiliknya tidak lancar, karana tidak mempunyai perancangan awal yang matang. Jika tanda tangan melingkar bermakna pemiliknya suka mengeluh dan sering memikirkan kesusahan berbanding kesenangan.

Tanda tangan yang kecil, menunjukkan orang itu banyak menyimpan rahasia. Urusan dengan orang yang sentiasa sukar diselesaikan. Tanda tangan yang berbelok-belok menunjukkan hidup pemiliknya menjadi perhatian orang, suka memanipulasi diri, mengada-ngada atau suka berbohong.

Banyak juga yang meramalkan garis di bawah tanda tangan. Mereka berpendapat bahwa sebenarnya garis ini mempunyai arti. Kalau garis itu mengeni sisi bawah tanda tangan, orang tersebut suka bergantung pada orang lain.

Coretan garis itu juga seharusnya lurus. Jika hujungnya ke bawah, ketika tua nanti hidupnya susah. Lebih teruk lagi jika hujungnya berkait, hidupnya di kelilingi hutang.

Jika merujuk pada buku Dr Margaret Gullan-Whur berjudul What Your Handwriting Reveals, beberapa aspek harus dilihat dalam menganalisis tanda tangan antara lain maksud tanda tangan, penempatan, ukuran, keseimbangan, pembetulan, kejelasan dan unsur tambahannya.

Menurut beliau, umumnya tanda tangan yang dibuat oleh seseorang dapat menampilkan citra diri dan keperibadiannya. Seseorang yang memiliki dua bentuk tanda tangan yang hampir serupa juga berkemungkinan memiliki dua kepribadian.

Jika tanda tangan yang dibuat berada tepat di atas garis yang disediakan, menggambarkan orang tersebut memiliki rasa hormat terhadap diri sendiri dan juga pihak berkuasa. Sementara jika ia menulis agak di atas sedikit garis yang disediakan, menandakan kegembiraan berkaitan dengan dokumen yang ditandatangani itu. Namun jika tanda tangan berada di bawah garis yang disediakan, menunjukkan seseorang tersebut mengalami masalah atau kemurungan.

Tanda tangan yang naik menampilkan rasa percaya diri yang tinggi, dan sebaliknya jika ia menurun.

Tanda tangan yang cenderung ke kiri, menunjukkan rasa takut (pada orang lain atau kegagalan). Namun jika cenderung ke kanan, ini menandakan kurang perhatian.

Tanda tangan lebih kecil daripada teks tulisan mengungkapkan keinginan seseorang untuk menyendiri, sebaliknya tanda tangan besar memberi maksud ingin menonjolkan diri.
Bila hurufnya besar dan rapat, melambangkan kesombongan dan acuh terhadap pendapat orang lain. Jika tanda tangan tersebut kecil, rapat dan pendek menunjukkan rasa rendah diri.

Ada juga yang menempatkan nama pada tanda tangan. Terkadang bahkan nama keluarga juga dicantumkan. Jika nama keluarga lebih rendah daripada nama depan, menunjukkan sifat murung pemiliknya.

Bagaimana dengan tanda tangan anda sekarang? Dengan segala penjelasan di atas, mungkin anda sudah mulai mengerti atau berpikir untuk mengganti tanda tangan. Jika dulu tanda tangan anda menurun, mungkin anda bias mencoba untuk mengubahnya menjadi naik.

Ketika masih kecil tanda tangan biasanya berubah-ubah. Keraguan untuk membuat tanda tangan akan terjadi ketika masa remaja dan seterusnya meningkat hingga dewasa.

Biasanya, tanda tangan yang dirancang ketika dewasa akan kekal, apa lagi jika tanda tangan tersebut sudah berkaitan dengan berbagai urusan, seperti perbankan.

Mungkin ini juga menjadi tanda behwa seseorang telah mencapai tahap kedewasaan.
Makna yang tersirat dibalik tanda tangan:
1. Satu garis di bawah tanda tangan
~ Seseorang yang sangat yakin
~ Memiliki kepercayaan diri yang hebat
~ Agak mementingkan diri sendiri
~ Percaya bahwa kebahagiaan dalam hidup sangat perlu

2. Dua titik di bawah tanda tangan
~ Anda adalah seseorang yang romantis
~ Mudah bertukar pasangan, seperti berganti baju
~ Lebih memilih style/ gaya (bagi lelaki)
~ Selalu berusaha untuk kelihatan cantik (bagi wanita)
~ Mudah menarik perhatian orang, terutama untuk menjadi kekasih

3. Satu titik di bawah tanda tangan
~ Anda kelihatan mudah dan tenang
~ Cepat kehilangan kepercayaan pada orang yang anda percayai apabila pernah dikhianati

4. Tanpa garisan/titik di bawah tanda tangan
~ Sembarangan dalam kehidupan
~ Memiliki gaya dan cara sendiri
~ Kurang memberikan perhatian pada orang lain

5. Tanda tangan yang tanpa nama
~ Anda selalu berusaha supaya terlihat smart
~ Suka mengumpat
~ Jarang mendengarkan pendapat orang lain
~ Yakin dengan kemampuan diri sendiri

6. Tanda tangan dengan ejaan nama tapi tak terlihat
~ Anda cerdik tapi kurang pandai berfikir
~ Anda cepat berubah pikiran dan ide

7. Tanda tangan huruf satu-satu, tidak bersambung
~ Seorang yang sangat perhatian
~ Tidak mementingkan diri sendiri
~ Sanggup berkorban apa saja untuk orang lain
~ Seorang pemikir yang baik
~ Seorang yang mudah syirik

8. Tanda tangan mengikuti ejaan nama dengan huruf yang jelas
~ Seorang yang sangat baik
~ Mampu menyesuaikan diri dalam keadaan apapun atau dengan siapa saja yang berurusan dengan anda
~ Yakin dengan pendapat sendiri
~ Anda memiliki semangat yang tinggi

No comments: