Friday, September 3, 2010

Penyakit Hepatitis B Dapat Disembuhkan

Penyakit Hepatitis B termasuk penyakit yang bisa menyebabkan kematian , Namun demikian Hapatitis B dapat disembuhkan . Seperti di ungkapkan Prof Laurentinus, Data terakhir terkait penyakit Hepatitis B ini menunjukkan lebih dari 350 juta orang di dunia terinfeksi virus tersebut dan satu juta orang meninggal setiap tahun serta merupakan satu dari sepuluh penyebab kematian terbesar

Hepatitis B merupakan suatu penyakit infeksi pada hati yang disebabkan virus Hepatitis B. Infeksi Hepatitis B kronik atau jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan hati yang parah seperti pengerasan hati atau sirosis dan kanker hati atau karsinoma hepatoseluler yang dapat mengakibatkan kematian

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Hepatitis B endemik di China dan bagian lain di Asia te rmasuk di Indonesia. Sebagian besar orang di kawasan ini bisa terinfeksi Hepatitis B sejak usia kanak-kanak. Di sejumlah negara di Asia, 8-10 persen populasi orang dewasa mengalami infeksi Hepatitis B kronik. Penyakit hati yang disebabkan Hepatitis B merupakan satu dari tiga penyebab kematian dari kanker pada pria, dan penyebab utama kanker pada perempuan.

Infeksi tersembunyi dari penyakit ini membuat sebagian besar orang merasa sehat dan tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi dan berpotensi untuk menularkan virus tersebut kepada orang lain. Penderita penyakit itu umumnya tidak mengalami gejala tertentu yang khas, dan baru bisa diketahui melalui tes kesehatan. Oleh karena itu, penderita dan kelompok yang memiliki faktor risiko hepatitis B perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Penularan virus ini bisa terjadi melalui transfusi darah, hubungan seks, memakai tato, dan menggunakan jarum suntik secara bergantian yang biasanya dilakukan para pengguna narkoba. Jadi, tidak benar jika ada anggapan bahwa virus Hepatitis B bisa menular melalui keringat. "Bahkan, tidak semua penderita bisa menularkan virus itu melalui hubungan intim dengan pasangannya," kata Unggul.

Penyakit ini, lanjut Unggul, sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, penyuntikan vaksin Hepatitis B dan memeriksakan kesehatan diri secara teratur. Untuk penderita Hepatitis B, kini telah ada empat jenis obat untuk mengatasi Hepatitis B yang terlisensi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) dan tersedia di Indonesia yai tu Entecavir (ETV), Lamivudine (LVD) dan Telbivudine.

No comments: